Selasa, 23 Oktober 2012

organisasi dan arsitektur sistem koputer

 organisasi dan arsitektur sistem komputer

Organisasi Sistem Komputer :
Sebuah sistem komputer yang berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi aksitektural.
Arsitektur Komputer :
Sebuah sistem komputer yang berkaitan dengan aribut-atribut sebuah sistem yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram yang berdampak langsung dengan eksekusi logis sebuah program.
Alat pengolah data bisa digolongkan ke dalam 4 kelompok besar:
1.  Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2.  Peralatan Mekanik:  yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang  digerakkan dengan tangan secara manual
3.  Peralatan Mekanik  Elektronik:  Peralatan mekanik yang  digerakkan  oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4.  Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh



Unsur-unsur Sistem komputer.

Semua sistem komputer memiliki 3 (tiga) unsur atau kegiatan utama,yaitu :
1. Menerima data sebagai masukan ( input)
2. Memproses data dengan melakukan perhitungan, penggabungan unsur data,
pemutakhiran perkiraan dan lain-lain.
3. Memperoleh informasi sebagai keluaran (output).
Prinsip ini berlaku baik untuk sistem informasi manual, elektromekanis
maupun komputer.





  • hard ware => jenis/macam dan fungsi 

Hardware berupa peralatan fisik dari sebuah sistem komputer, peralatan ini terdiri atas 3 jenis, yaitu:

1. Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.

2. perangkat keluaran (Output device)
perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.

3. Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

Macam-macam Perangkat keras :

1. CPU (Central Processing Unit)

CPU Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
2. Monitor

Monitor Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.
3. Keyboard

Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
4. Mouse




  • soft ware
Perangkat lunak (software) adalah sebuah aplikasi komputer yang dibuat oleh pembuat program (programmer) untuk dapat menjalankan perangkat keras komputer maupun mempermudah pekerjaan. Perangkat lunak sendiri adalah sebuah program yang berisi kumpulan perintah-perintah untuk dapat melakukan proses pengolahan data pada komputer. Perangkat lunak komputer berfungsi untuk mengidentifikasi program, menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol dan mengatur serta membuat pekerjaan lebih efisien.
Di antara Anda mungkin masih banyak yang mengetahui jika aplikasi atau perangkat lunak tersebut memiliki berbagai jenis lisensi atau ketentuan dalam penggunaanya, kali ini Paseban akan mencoba mengupasnya mengenai macam-macam software menurut lisensi berikut pengertiannya. Simak ulasannya berikut ini.

Freeware
Aplikasi jenis freeware adalah perangkat lunak yang didistribusikan tanpa menuntut biaya untuk penggunaannya atau dapat digunakan secara gratis. Aplikasi jenis ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang tidak terbatas.
Kepemilikan aplikasi freeware menjadi hak milik oleh pengembangnya. Pengembang (developer) dapat mengubah masa depan dari rilis freeware menjadi produk dibayar jika pengembang tersebut menginginkannya. Aplikasi freeware biasanya didistribusikan tanpa kode sumbernya (source code). Hal ini dilakukan untuk mencegah segala macam modifikasi kode program oleh para penggunanya. Selain itu terdapat juga lisensi yang mana sebuah program bebas untuk didistribusikan serta mengijinkan software yang akandisalin tetapi tidak untuk dijual.

Crippleware
Beberapa perangkat lunak yang ditawarkan sebagai freeware, tetapi dengan fitur yang sangat terbatas atau ada beberapa fitur utama yang akan dihilangkan, aplikasi jenis ini biasa disebut sebagai crippleware. Untuk dapat menikmati seluruh fungsi utama maka para pengguna aplikasi jenis ini harus membayar lisensi dari perangkat lunak tersebut. Biasanya aplikasi jenis crippleware ini digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan suatu perangkat lunak.

Donationware
Kadang-kadang, freeware didistribusikan kepada penggunanya dengan menyertakan peringatan atau permintaan untuk membuat sumbangan kepada para pengembang aplikasi tersebut atau kepada beberapa pihak ketiga seperti amal. Dalam kasus tersebut, aplikasi freeware ini disebut juga sebagai donationware yang bertujuan untuk memberikan dana kepada pembuat program.


  •  data => sistem operasi ...

Dalam ilmu komputer, sitem operasi atau OS yang berfungsi untuk melakukan kontrol dan memanage hardware serta operasi dasar sistem termasuk mnjalankan software aplikasi.Windows XP.Merupakan sistem operasi keluaran microsoft pada tanggal 25 oktober 2001di Amerika Serikat. Windows XP sendiri merupakan bagian dari Windows N.T, yang merupakan sistem operasi untuk para server.Keunggulan dari sistem operasi iniDukungan Terhadap Sistem Domain Active Directory yaitu dapat mengatur sistem- sistem microsoft windows hanya dari satu tempat saja.Memiliki pengaturan kontrol akses yang canggih dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya, dikarenakan tidak semua orang dapat mengakses data secara bebas terhadap sebuah objek tertentu. Walaupun ini bukan teknologi terbaru karena sebelumnya UNIX telah meluncurkannya terlebih dahulu, tapi Windows XP diklaim lebih baik di bandingkan dengan UNIX.Mendukung Sistem Berkas Terenskripsi ( EFS ). Sistem ini digunakan untuk memproteksi data- data yang penting agar tidak dapat di buka oleh user lain apalagi komputer lain.Mendukung Sistem Manajemen Secara Terpusat.Sistem Operasi LINUX Ubuntu.Sistem operasi yang merupakan keluarga UNIX yang menggunakan kernel Linux. Ubuntu adalah salah satu dari ditribusi Linux. Ubuntu berasal dari kata “Ubuntu” di Afrika Selatan yang artinya “rasa perikemanusiaan terhadap sesama manusia”. Tujuan dari distribusi linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.Sistem operasi ini dapat anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan anda, dan dapat diperoleh secara gratis walaupun sekarang ada versi linux yang telah dikomersilkan seperti linux red hart dan linux suSE.Pada dasarnya sistem operasi linux dan windows mempunyai fitur yang sama, yang membedakannya hanya linux bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan sedangkan windows tidak dapat dimodifikasi sesuai dengan yang kita inginkan


  •  macam macam alat input,output dan media
            
            => alat input 

Keyboard

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada 
keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
KB + Ms Comic 

Mouse 

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
Mouse

Touchpad

Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Touchpad



Light Pen

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Light Pen 


                           
                       => output

Perangkat output atau alat output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer merupakan hasil dari pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer. Informasi yang diteruskan oleh komputer melalui perangkat output dapat berupatampilan di layar, hasil cetakan, suara, dan sebagainya.

1. Monitor

Monitor merupakan alat keluaran yang memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer. Kita dapat melihat apa yang sedang dilakukan oleh program atau komputer di layar monitor.
Komputer menampilkan pesan, informasi, ataupun meminta masukan kepada pengguna komputer melalui tampilan di layar monitor.Komputer membuat tampilan teks, bilangan, atau gambar dengan cara menggabungkan elemen-elemen kecil yang disebut dengan pixel atau sering juga disebut pels. Makin banyak pixel dari sebuah tampilan teks, bilangan, atau gambar, makin baik tampilan tersebut.
Tampilan di layar monitor diukur dengan satuan pixel. Monitor dengan resolusi rendah umumnya menampilkan tampilan di layar dengan ukuran 640 x 480 pixel, sehingga item-item yang ditampilkan kelihatan besar dan kurang tajam. Adapun monitor dengan resolusi tinggi umumnya memberikan tampilan dalam ukuran 1024 x 768 pixel dan menampilkan item-item dengan ukuran kecil, sehingga lebih banyak item yang dapat ditampilkan serta lebih tajam dan jelas.Saat ini, teknologi layar lebar (wide screen) dan layar datar (flatscreen) telah banyak digunakan pada monitor. Teknologi ini memberikan tampilan layar monitor yang lebih lebar dan radiasi yang lebih rendah, sehingga lebih banyak bagian yang dapat ditampilkan di layar monitor dan lebih nyaman bagi mata pengguna. Resolusi yang umum digunakan pada monitor dengan layar lebar adalah 1280 x 768 pixel. Namun, kelemahan dari monitor jenis ini adalah harganya yang relatit lebih mahal apabila dibandingkan dengan monitor biasa.
 

2. Infocus

Infocus hampir sama dengan monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan objek lain sebagai media penerima pancaran signal-signal gambar yang dipancarkan. Media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang). Biasanya yang digunakan adalah dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.

3. Printer

Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Cetakan tersebut dapat berupa dokumen, gambar, maupun dokumen yang disertai dengan gambar. 
Printer dibedakan menjaditiga jenis, yaitu dot-matrix, inkjet, dan laser jet. Printer dot-matrix menimbulkan kebisingan yang lebih besar dibandingkan dengan printer jenis inkjet dan laser jet. Dari segi kualitas cetakan, printer laser menghasilkan cetakan yang lebih baikdaripada inkjet. Kelemahan dari printer laser adalah harganya yang mahal.Ketajaman hasil cetakan diukur dengan satuan dpi atau dot per inch atau banyaknya titik dalam satu inci. Makin tinggi dpi dari sebuah printer, akan makin tajam cetakan yang dihasilkan.Kecepatan mencetak diukur dengan satuan ppm atau page per minute atau halaman per menit.
Makin tinggi ppm sebuah printer maka makin banyak halaman yang dicetak dalam satu menit, atau makin cepat proses pencetakan.Printer dihubungkan dengan komputer melalui kabel USB. Selain dihubungkan ke komputer, printer juga harus dihubungkan ke sumber listrik. Sebelum dapat digunakan, sebuah printer harus dikenali oleh sistem operasi komputer. Karena itu, setelah dihubungkan dengan komputer, kita harus menginstal drivemya terlebih dahulu.





A.    3. Media penyimpanan

       Hardddisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.

B.Floppy Disk Drive (Disket)
 Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket
maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.

C.Zip Driver
Zip driver merupakan media penyimpan magnetik dengan head yang sangat kecil dan dapat
menampung data hingga 750 MB.
Memory Card (Flash Drive atau USB Keys)
Kartu memori adalah sebuat alat penyimpan data digital; seperti gambar digital, berkas digital ,suara digital dan video digital. Kartu memori biasanya mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan standard bit digital yaitu 16MB, 32MB,64MB, 128MB, 256MB dan seterusnya kelipatan dua. Kartu memori terdapat beberapa tipe yang sampai sekarang ini ada sekitar 43 jenis. Jumlah kapasitas terbesar saat ini adalah tipe CF (Compact Flash
) dengan 8 GB (info : 1 GB = 1024MB, 1048576KB). Untuk membaca data digital yang disimpan didalam kartu memori kedalam komputer, diperlukan perangkat pembaca kartu memori (memory card reader).

D.USB Flash Disk (Flash Drive atau USB Keys)
USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.

2. Media Penyimpanan Disk (Optical Disk)


A.CD (Compact Disc atau Laser Optic Disk)
CD-ROM merupakan akronim dari “compact disc read-only memory”)) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data.Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapatmembaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.DVD (Digital Video Disc/Digital Versatile Disc)
DVD adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. “DVD” padaawalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agarkepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc (cakram serba guna digital) agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah “DVD” saja, dan huruf-huruf tersebut
secara “resmi” bukan singkatan dari apapun.

3.Media Penyimpanan Chip

Agar tidak keliru memilih SD Card yang ada di pasaran, CHIP tunjukkan faktor apa saja yang harus Anda jadikan pertimbangan utama dalam membelinya. Setiap kali memotret, foto akan disim­pan kamera digital dalam media Secure Digital card (SD card). Perangkat lain, seperti camcorder, MP3 player, atau notebook biasanya juga bisa dilengkapi dengan SD card. Meskipun ukuran fisiknya sama, berbagai SD yang ada di pa­saran memiliki perbedaan yang signifikan, baik dalam hal kapasitas maupun kecepatan.VERSI & KLASIFIKASI: Umumnya SD card (kecuali microSD dan miniSD) berukuran 32 x 24 mm.
Untuk versi awal “SD”, kapasitas maksimalnya hanya 2 GB. Adapun, “SDHC” card (SD High Capacity) memiliki kapasitas data hingga 32 GB. Jenis inilah yang banyak beredar saat ini. Standar masa depan, “SDXC” card (SD Extended Capacity) akan menawarkan kapasitas hingga 2 TB. SDXC card pertama ditawarkan Panasonic dengan kapasitas 64 GB dengan harga realatif mahal, yaitu sekitar US$ 550. Sayangnya, SD terbaru ini belum didukung oleh semua perangkat yang ada.

Semakin cepat data disimpan dan di­transfer, semakin baik pula SD card tersebut. Oleh sebab itu, perhatikan selalu klasifikasi kecepatan dari SDHC Card. Angka “4″
 untuk data transfer menunjukkan nilai transfer minimal 4 MB/s, sedangkan angka “10″ berarti trans­fer rata minimal 10 MB/s. Perlu Anda ketahui, tuntutan kinerja terbesar bukan diperuntukkan dalam proses perekaman video HD, melainkan fungsi continuous image pada kamera SLR (hingga 20 MB/s). SD card Class 4 sudah memadai untuk HD Video. Sebalik­nya, pemilik kamera digital SLR direkomendasikan meng­gunakan card dengan Class 10.
BUY TIP:  Kinerjanya yang terbaik menempatkan SanDisk SDHC Extreme 16 GB berada di posisi teratas. Tidak ada SDHC Card lainnya yang menandingi kecepatannya. Harga sekitar US$ 89 masih terbilang wajar, terutama bila dibandingkan dengan Panasonic (Peringkat 2) yang harganya US$ 268. Apabila kapasitas 8 GB sudah dirasa cukup, tersedia SDHC Card seharga 20 Euro yang masih ter­golong cepat trasfer datanya. Transcend SDHC Ultimate 8 GB tidak lebih lambat saat membaca dan menulis dibandingkan dengan pemenang tes kali ini.Apabila Anda mempunyai dana ekstra sekitar US$ 20, Pretec SDHC 16 GB menawarkan kapasitas yang lebih besar dua kali lipat dan bahkan lebih cepat daripada Transcend.
Untuk format microSDHC card yang biasa digunakan pada telepon seluler, smartphone, atau perangkat sejenisnya, Kingston microSDHC 16 GB berada di posisi ter­atas. Dengan harga sekitar US$ 100, card ini tergolong paling mahal di antara card lainnya. Sebaliknya, hanya dengan 18 Euro, Anda bisa mendapatkan A-Data microSDHC 8 GB Turbo dengan transfer data yang relatif cepat (CHIP Tip untuk ka­tegori microSD).


*  Sistem perangkat lunak *

Ø  Sistem oprasi [user interface(CLI&GUI)]
     
      Antar muka pada sistem operasi atau komputer terbagi menjadi 2 jenis, yaitu GUI dan CLI. GUI (Graphical User Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para pengguna-nya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi. Jadi, GUI merupakan antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis. Menu grafis ini maksudnya terdapat tampilan yang lebih ditekankan untuk membuat sistem operasi yang user- friendly agar para pengguna lebih nyaman menggunakan komputer. Menu grafis itu ya seperti ada grafis-grafis atau gambar-gambar dan tampilan yang tujuannya untuk memudahkan para pengguna menggunakan sistem operasi.
Contoh sistem operasi yang menggunakan GUI adalah Linux dengan distro Mandriva menggunakan Desktop Environment KDE (Lihat juga Pengertian Desktop Environment), dan juga sistem operasi Windows 7 Ultimate yang menggunakan GUI-nya sendiri.



E  xp: Graphical User Interface

CLI (Command Line Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu baris perintah atau text atau ketikkan dari keyboard untuk berinteraksi denga sistem operasi atau komputer tersebut.
Jadi, CLI merupakan antarmuka yang menggunakan input dari keyboard untuk bisa berinteraksi dengan komputer tersebut. CLI lebih ditujukan kepada sistem operasi yang digunakan sebagai komputer server. Karena menggunakan CLI dirasa lebih efisien dan cepat daripada menggunakan GUI. Untuk berinteraksi dengan komputer, harus dengan menggunakan bafris perintah yang bisa dikenali oleh komputer. Jadi, untuk orang yang masih awam menggunakan mode CLI, masih dirasa cukup repot untuk menggunakannya.
Contoh sistem operasi yang menggunakan CLI adalah Ubuntu Server dan Windows Server 2008.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa GUI dan CLI merupakan tampilan antarmuka yang digunakan sesuai kebutuhan para penggunanya. Pada GUI menggunakan mode grafis, dan pada CLI menggunakan mode baris perintah atau text.


E  xp: Command Line Interface


Ø  Instalasi
INSTAL artinya adalah memasang program ( perangkat lunak ) ke dalam komputer. semua perangkat lunak (misalnya, microsoft windows, microsoft Office dan lain-lain, ) harus kita instal lebih dahulu kedalam komputer, baru bisa digunakan, selain itu, instal juga berfungsi untuk menyesuaikan program dengan alat-alat terpasang pada komputer kita, dan menguraikan file-file yang dipadatkan , sebab ketika perangkat lunak diluncurkan, file-file dipadatkan ( di-compress) untuk memperkecil ukuran file.
 

Exp: Gambar Instalasi

cara menginstal perangkat lunak berbeda satu sama lain, tetapi logikanya sama , saat ini, semua perangkat lunak di simpan dalam CD_ROM dan menu install akan keluar di layar begitu CD-ROM dimasukan kedalam DRIVE CD-ROM, itu lah yang disebut AUTORUN ( berjalan secara otomatis). ikuti saja perintah-perintah yang tampil di layar hingga install selesai , jika CD-ROM tidak AUTORUN, anda bisa mengistall program tersebut melalui menu RUN yang terdapat pada START

Ø Bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
1.     Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
2.    Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kodemnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
3.    Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
4.    Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.


Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.


Ø Software aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
Klasifikasi aplikasi


Aplikasi dapat digolongkan menjadi beberapa kelas, antara lain:
1.     Perangkat lunak perusahaan (enterprise)
2.    Perangkat lunak infrastruktur perusahaan
3.    Perangkat lunak informasi kerja
4.    Perangkat lunak media dan hiburan
5.    Perangkat lunak pendidikan
6.    Perangkat lunak pengembangan media
7.    Perangkat lunak rekayasa produk


Pada pengertian umumnya, aplikasi adalah alat terapan yang difungsikan secara khusus dan terpadu sesuai kemampuan yang dimilikinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar